Pesatnya Industri Pariwisata Berbasis MICE

0
13
Advertisement

TravelClub.co.id – Berkembangnya industri pameran dan pariwisata ternyata kian  memajukan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition, atau MICE di Indonesia. Hal ini dianggap menjadi peluang besar bagi para Professional Conference Organizer di Tanah Air menjadi kekuatan untuk menang di kancah bisnis MICE berskala Asia Pasific hingga  internasional. Ketua umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi  Sukamdani, dalam acara diskusi membahas Revolusi MICE Indonesia, di Hotel JS LUWANSA,  Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 23 Januari 2017 mengatakan, saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang menawarkan banyak pilihan dalam wisatanya.

Hal ini diikuti dengan fasilitas konvensi yang representatif. Karena itu, menurut Haryadi, maju tidaknya pariwisata akan berdampak langsung pada bisnis mereka. Ia juga mengingatkan kepada pemilik perhotelan dan restoran untuk terus menjaga kualitas produk pariwisata. ”Kami berharap, ini akan menjadi berkah dan kebaikan di kemudian hari pariwisata Indonesia.
Tapi saya tetap mengingatkan, sama-sama jangan lupa, kita harus juga memperbaiki produk pariwisata yang ada di tanah air. Seiring dengan promosi Wonderful Indonesia yang konsisten dilakukan oleh Kementerian Pariwisata,” terang Haryadi.

Mengutip pernyataan Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Pemerintah telah menempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional sebagai daya tarik  wisatawan mancanegara. Sebagai bentuk kontribusi kepada pemerintah dalam memajukan ‘Value’ dalam kancah MEA dan dinamika perekonomian internasional, pelaku bisnis pariwisata mengedepankan sembilan pilar yaitu diantaranya, penguatan kelembagaan MICE, peningkatan  ksesibilitas, peningkatan infrastruktur, pengembangan SDM dan kualitas pelayanan, penggunaan teknologi dan pengembangan konsep keberlanjutan dalam  penyelenggaraan kegiatan MICE. Selain itu, adanya sikap penjamin, penguatan riset dan statistik, membangun citra destinasi dan terakhir adalah menjaga, serta mempertahankan  keberagaman alam dan budaya sebagai daya tarik destinasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.