Kalender Event Pilihan Tahun 2017 di Tanah Air

0
14
Advertisement

TravelClub.co.id – Apa resolusi Anda di tahun 2017 ini? Jika salah satunya berkunjung dan bertamasya di Tanah Air artikel ini cukup pas untuk Ad abaca. Terdapat event wisata yang menarik untuk Anda sambangi sepanjang tahun 2017. Berikut ini adalah event-event pariwisata pilihan yang berlangsung dari Maret hingga Desember 2017 di seluruh provinsi di Indonesia.

Maret – Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba, yaitu Pasola, tahun ini akan digelar pada 18-21 Februari juga pada 17-20 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pasola merupakan atraksi wisata yang menjadi ikon budaya Sumba, yaitu upacara perang tradisional berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang berlari cepat.

April – Jangan lewatkan Festival Danau Laut Tawar pada 13-16 April 2017, yang  diselenggarakan untuk memperkenalkan keindahan Danau Laut Tawar yang berada di
Kabupaten Aceh Tengah. Akan ada beragam kegiatan seperti kompetisi bersepeda, pentas  seni, pameran foto, lomba perahu, lomba marathon 10K lintas Danau Laut Tawar dan masih banyak lagi.

April – Festival Pesona Teluk Tomini (1-9 April), Festival Teluk Jailolo, Tambora Menyapa  Dunia (12-16 April), Halo Sultra (23-27 April)

Mei –  Kawasan Geopark Merangin di Jambi akan menggelar Festival Geopark Merangin 2017 pada bulan Mei. Festival olahraga dan budaya ini dimeriahkan dengan lomba arung jeram, pameran pariwisata dan UKM, pagelaran budaya tradisi, serta lomba-lomba. Seba Badui juga diselenggarakan pada bulan ini di Pendopo Gubernur Lama Banten. Seba itu sendiri merupakan penyerahan hasil tani atau hasil bumi pada pemerintah setempat. Itu merupakan  rasa syukur masyarakat baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah. Beralih ke Kalimantan Tengah, ada Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan pada 18-24 Mei. Festival tahunan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Kalimantan  Tengah, diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Juni – Pesta Kesenian Bali tahun ini berlangsung pada 10 Juni-8 Juli dengan mengangkat tema “Ulundanu”: Melestarikan Air Sumber Kehidupan.

Juli – Pada bulan Juli, Riau akan diramaikan Ritual Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap  tahun di Kota Bagansiapi-api, Kabupaten Rokan Hilir. Ritual ini digelar untuk mengenang arwah para leluhur mereka saat menemukan Bagansiapi-api. Selain itu, ada pengalaman menarik lainnya di Bromo jika Anda berkunjung pada bulan ini, yaitu Upacara Yadnya Kasada. Ini merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai ungkapan rasa syukur. Di  Kalimantan Timur, berlangsung Erau International Folklore Art Festival pada 22-30 Juli. Anda akan disuguhkan kegiatan berupa upacara adat kesultanan yang berlangsung selama tujuh malam di Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Agustus – Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda internasional yang telah  diklasifikasi Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Balap Sepeda International kategori 2.2. Acara ini terdiri dari 9 etape yang diselenggarakan di hampir seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat dan berlangsung mulai 7 Agustus 2017. Masih di bulan yang sama, Anda diundang untuk menyaksikan uniknya budaya Lampung lewat Lampung Krakatau Festival pada 21-27 Agustus 2017. Lampung Krakatau Festival merupakan event pariwisata Lampung yang diseleggarakan setiap tahun. Kegiatan dimaksudkan untuk  mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada 27-27 Agustus 1883, serta sebagai sarana apresiasi sei budaya daerah sekaligus memperkenalkan daya tarik wisata Lampung. Festival Lembah Baliem di Jayawijaya, Papua, juga dilaksanakan pada bulan ini, tepatnya pada 5-9  Agustus 2017.

September – Bulan September waktunya berkunjung ke Sumatera Utara untuk menikmati Festival Danau Toba 2017. Ini merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga yang cikal bakalnya berasal dari Pesta Danau Toba pada 1980an. Setelahnya, cobalah berkunjung ke Kampung Wisata Halal Al-Munawar pada minggu ke-3 September 2017 untuk menikmati Festival Kopi. Keunikan kopi Semendo dari Kabupaten Muaraenim serta kopi asli dari Pagaralam sudah diakui secara nasional maupun internasional. Rasakan keunikan rasanya pada Festival Kopi yang sekaligus digelar dalam rangka menyambut Hari Kopi Internasional. Cirebon menyuguhkan acara yang tak kalah menarik pada bulan ini. Lewat West Java  Performance Art Festival 2017, Anda akan menyaksikan berbagai kegiatan seperti seminar seni-budaya dan sastra, pameran kerajinan dan artefak, serta pertunjukkan seni budaya. Event lain di bulan September: Wakatobi Wonderful Festival Expo (6-7 September), Sadeq  Race (17-24 September), Festival Karampung di Mamuju (24-27 September), Festival  Pesona Gorontalo Triatlon/ Marathon (26 Agustus-10 September 2017).

Oktober – Bumi Rafflesia mengundang Anda untuk berkunjung pada bulan Oktober sambil menyaksikan Festival Bumi Rafflesia. Event ini diadakan untuk mengingat potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu. Ruang lingkup kegiatan ini meliputi Pameran Wisata Kuliner, mountain bike, pameran dan bazaar, dan juga fam trip Jelajah Bengkulu. Anda pecinta olahraga lari? Jika iya, itu berarti Jakarta Marathon 2017 adalah event yang paling ditunggu-tunggu. Ini adalah  kegiatan olahraga lari untuk seluruh masyarakat Nusantara maupun mancanegara. Rute yang dilewati adalah jalan-jalan utama ibukota. Event lain di bulan Oktober: Festival Pesona Raja Ampat, Festival Pesona Pulo Cinta Gorontalo (5-15 Oktober), Festival Kesultanan Keraton Buton (10-16 Oktober), Nusa Dua Festival (11-15 Oktober), Tour de Moluccas (26-30 Oktober)

November – Acara sport tourism semakin digencarkan. Kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Borobudur Marathon 2017 di bulan November. Rute yang dilalui yaitu di desa-desa di sekitar Candi Borobudur. Masih di kawasan Borobudur, Jogja  International Heritage Walk 2017 mengajak para pecinta olahraga melakukan aktivitas jalan sehat sekaligus gerakan sadar lingkungan pada 18-19 November. Acara ini berlangsung di Candi Borobudur, Desa Imogiri, dengan pilihan kategori yang ditawarkan yaitu 5, 10 dan 20 km.

Desember – Lovely December Toraja yang banyak dinanti wisatawan akan dilaksanakan  pada 26-30 Desember 2017. Acara ini sekaligus akan menampilkan festival kopi internasional, festival foto wisata, Toraja Night Run, pameran kuliner dan masih banyak lagi. Festival lain yang diselenggarakan pada akhir tahun adalah Festival Budaya Iraw Tengkayu di Tarakan dan Denpasar Festival (28-31 Desember).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.